Thursday, December 7, 2017

Cara membuat Artikel/Entri baru di blog blogger

TAU - Hai, kali ini akan membahas tutorial tentang bagaimana "Cara membuat Artikel/Entri baru di blog blogger". Mungkin bagi yang baru membuat atau mendaftar akun blogger masih bingung nih bagaimana cara memposting artikel/entri baru ke blog yang kita punya. 

Sebenarnya gampang aja, saya pikir kalian bakalan cepat mengerti. Nah, udah pada penasaran kan?(mungkin). Ok kalo gitu, let us read now under our..!

Lanjut ke "Cara membuat Artikel/Entri baru di blog blogger" :

1.  Pertama-tama seperti biasa, buka dulu menu utama www.blogger.com 


2. Selanjutnya, pilih menu Entri di jendela Post. Maka akan muncul tampilan seperti ini :


3. Nah, disinilah anda akan menulis isi blog berupa artikel/entri yang akan anda posting. Disini ada banyak pilihan untuk anda guna memodel artikel anda, dan tools-tols nya juga mirip dengan Word, jadi anda mungkin susah untuk mengerti karena anda sudah familiar dengan tools-tools tersebut. yang berada di sana diantaranya :


Judul (kiri atas), adalah judul dari artikel/entri yang akan anda post.
Worksheet (tengah), adalah tempat dimana isi artikel anda. Anda bisa menambahkan gambar, link, video dari Youtube, dan juga tulisan tentunya.
Label (kanan tengah), label ini juga bisa disebut kategori dari artikel yang anda buat. seperti contoh, digambar atas sama menulis tentang game sleeping dogs, maka label yang saya masukkan adalah label game, sebenarnya terserah anda ingin menambahkan label ke tulisan anda atau tidak, bahkan membuat label dan artikel tidak nyambung, tapi adanya label tentu akan memudahkan para pengunjung blog anda untuk melihat posting artikel yang mereka ingin lihat.
Publikasikan (kanan atas), untuk mempublikasikan atau memposting artilkel/entri anda jika sudah selesai dan siap.
Simpan (kanan atas), untuk menyimpan artikel anda jika anda belum selesai.
Pertinjau (kanan atas),  untuk melihat hasil bagaimana hasil artikel/entri anda jika di posting dan masuk ke alamat blog anda. 
Tutup (kanan atas), untuk menutup artikel yang akan anda buat.
-yah, sebenarnya itu doang sih yang penting. Lanjuut...

4. jika artikel/entri anda sudah siap dan selesai, langkah selanjutnya adalah dengan klik Publikasikan. Makan akan muncul tampilan seperti berikut :


5. Nah, setelah tahap tadi biasanya akan muncul pilihan untuk anda, apakah anda ingin membagikan postingan artikel/entri anda di google+.  Yah disini sih terserah anda ya mau membagikan atau tidak.

6. Setelah itu, anda akan kembali ke menu utama Blogger anda. maka akan muncul tampilan seperti berikut :


Nah, sekarang arikel/entri anda sudah muncul di list post anda.
Disitu ada beberapa pilihan, diantaranya ada :
Edit, untuk mengedit artikel anda apabila ada yang ingin diubah.
Lihat, untuk melihat artikel anda di blog. atau megecek artikel anda di blog yang anda punya.
Berbagi, ya untuk berbagi ke google+ atau tidak.
Hapus, ya untuk ngapus artikel tersebut.
Sedangkan yang disebelah kanan ada Jumlah komentarpengunjung, dan juga tanggal postingan tersebut.

7. Nah, selesai deh. jika anda ingin lihat artikel yang anda posting, anda bisa klik lihat, maka akan muncul deh : (contoh)





Nah, itu tadi sudah anda simak tentang bagaimana "Cara membuat Artikel/Entri baru di blog blogger". Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan berguna bagi kalin semua. Jika ada yang dipertanyakan atau kurang jelas bisa tulis di komentar. Terimakasih

0 komentar:

Post a Comment